Senin, 29 Maret 2021

Keinginan Syarwan

 

    Syarwan sebenarnya tidak tahu apa gerangan nasibnya nanti, setelah ia pensiun. Tetapi tentu saja ia punya ambisi di hatinya. Pada suatu saat ia berpuasa tujuh hari dan pantang makan garam dan daging, lalu pergi ke Gunung Lawu. Pada waktu maghrib, di bawah sebuah pohon rindang, ia memejamkan mata, berkonsentrasi diri.


    Tiba-tiba ia mendengar suara, di belakangnya: “Jangan bersedih, hai insan. Aku ini seorang peri yang baik. Sebutkan saja tiga permintaan, dan itu akan saya penuhi asal saja ...”


    Syarwan membuka matanya. Di dekatnya nampak seorang perempuan tua berambut panjang dengan kain hitam legam menutupi tubuhnya yang sudah kisut. Maka Syarwan pun mengangguk, hormat dan bertanya: “Apa syaratnya agar keinginan saya bisa dipenuhiya peri?”.


    “Setubuhi aku,” jawab perempuan tua tadi.


    Demi untuk mendapatkan semua keinginannya, maka ia pun menjalankan apa yang diperintahkan. Begitu selesai, sambil mengancingkan celananya kembali, ia langsung bertanya: “Sekarang, apakah boleh saya mengucapkan keinginanku?”


    Sambil menutupkan kain ke tubuhnya perempuan tua itu menatap Syarwan dan bertanya: “Sebentar, nak. Berapa sekarang umurmu?”. 


    “Limapuluh lima tahun. Kenapa?”


    Jawab perempuan tadi dengan kalem: “Sudah tua kok masih percaya ada peri?”


Soeharto.org digagas untuk merawat ingatan dan menolak lupa terhadap kebiadaban Orde Baru.