Senin, 22 Maret 2021

Pengalaman Soeharto

 


    Seperti jamaknya pensiunan jendral ABRI di negara kita, mereka masih dipekerjakan di sektor swasta atau di lembaga-lembaga lain yang membutuhkan atau dipaksa untuk membutuhkan. Kata mereka yang membela sistem ini adalah untuk mengurangi dampak negatif dari apa yang terkenal dengan “post power syndrome.”


    Rupanya Soeharto pun tidak lepas dari kerangka berpikir seperti di atas. Jadi dia memang masih berharap jika dia pensiun dari presiden, masih dibutuhkan di tempat lain. 


    Namun, sebagai jendral, rupanya dia sudah membayangkan skenario yang bakal terjadi kalau dia pensiun. Beginilah bayangan dia: “Kalau saya nanti pensiun, dan akan ditempatkan di suatu perusahaan, pasti akan diadakan wawancara dahulu.” Kemudian Soeharto membayangkan percakapan dalam wawancara tersebut adalah sebagai berikut:


    Pewawancara, “Pak Harto, apakah pengalaman bapak sebelum ini?


    Soeharto menjawab, “Saya berpengalaman menjadi presiden!”


    Pewawancara, “Apakah Pak Harto berpengalaman mendidik isteri?”


    Soeharto menjawab dengan agak malu, “Saya tidak berpengalaman”


    Pewawancara, “Apakah Pak Harto berpengalaman mendidik anak?”


    Soeharto menjawab dengan tersipu, “Saya tidak berpengalaman”


    Pewawancara terus saja melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang biasa dilontarkan kepada orang-orang biasa, ternyata setiap pertanyaan tersebut dijawab oleh Soeharto dengan “tidak berpengalaman” yang tentu saja betul.


    Oleh karena itu, Soeharto, setelah membayangkan kemungkinan diterima untuk menjadi pegawai di suatu perusahaan adalah kecil, dan mengingat dia tidak punya pengalaman selain menjadi presiden, maka dia bersumpah dalam hati: “Aku harus jadi presiden, sampai mati!, karena itu saja yang saya pengalaman.”



Soeharto.org digagas untuk merawat ingatan dan menolak lupa terhadap kebiadaban Orde Baru.